3 Asal Usul Hari Minggu Bisa Libur


Hari Minggu, adalah hari yang paling di tunggu - tunggu oleh setiap orang. Biasanya hari minggu sangat di manfaatkan dengan berbagai macam kegiatan, seperti beristirahat, liburan bersama teman-teman atau keluarga dan lain lain. Tapi pernahkah kalian berfikir, ada apakah dengan hari tersebut? apa alasan hari minggu bisa libur? kenapa hari libur atau tanggal merah harus di hari minggu? kenapa bukan hari lainnya selain hari minggu?
Setiap instansi sekolah, pemerintah sampai karyawan swasta akan libur pada hari minggu. Hal tersebut terjadi karena di Indonesia juga menetapkan hari minggu sebagai hari libur nasional. Hanya negara-negara Arab saja yang menetapkan hari jumat sebagai hari libur. Lah ko beda sendiri yah? Karena adanya ibadah sholat jumat pada hari itu, itulah yang menjadi alasan kenapa mereka mentapkan hari jumat sebagai hari libur. Namun kenapa Indonesia dan negara lain di dunia menetapkan hari minggu sebagai hari libur? padahal mayoritas agama di Indonesia adalah muslim? berikut ini penjelasan kisah dibalik hari minggu bisa libur:

1. Sejak Kapan Hari Minggu Libur?
Awal mula sejarah di tetapkannya hari minggu sebagai hari libur adalah berasal dari tradisi romawi kuno di Italia. Minggu, hari Minggu atau hari Ahad (dalam bahasa Arab) adalah hari pertama dalam satu pekan. Kata minggu diambil dari bahasa Portugis, Domingo. Dalam bahasa Melayu yang lebih awal, kata ini dieja sebagai Dominggu. Baru sekitar akhir abad ke 19 dan awal abad ke 20, kata ini dieja sebagai Minggu. Kata minggu (m dalam huruf kecil) berarti pekan.

2. Kisah Dibalik Liburnya Hari Minggu
Dahulu orang romawi kuno melakukan kegiatan beribadah pada hari minggu, oleh karena itu di tetapkannya hari minggu sebagai hari libur dan menandai hari minggu juga hari bersejarah lainnya dengan warna merah. Di karenakan pada saat itu Romawi kuno banyak menguasai berbagai negara-negara Eropa, diantaranya Inggris, Jerman, Belanda, Perancis dan yang lainnya. Dari sinilah tradisi libur hari minggu tersebut di wariskan kepada negara-negara tersebut, tak terkecuali kepada negara negara jajahan pada waktu itu. 

3. Sejarah Hari Minggu Libur di Indonesia
Apakah kalian masih ingat bahwa kolonia Belanda pernah menjajah Indonesia? termasuk negara Belanda, berdasarkan dari kutipan diatas. Negara Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Orang-orang Belanda di Indonesia menerapkan tradisi libur di hari Minggu. Sampai sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih dipakai di Indonesia. Alasannya, selama 6 hari orang sudah bekerja keras dan perlu libur. Pemerintah Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai libur Nasional. Kalender Indonesia juga mewarnai hari libur lainnya dengan warna merah.

Tradisi libur di hari Minggu tetap dipakai di banyak Negara sampai sekarang. Termasuk juga menandai tanggal-tanggal penting dengan warna merah. Dari situlah alasan hari minggu libur di Indonesia yang juga menetapkan hari minggu sebagai hari libur nasional dan menandai hari hari bersejarah lainnya dengan warna merah sampai saat ini. Begitupun negara negara lainnya di belahan bumi ini.

Sumber : harusbaca.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

#Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini
#Gunakan kata-kata yang baik,jelas,dan sopan
#Bila tidak punya account silahkan menggunakan Anonymous