Mengungkap Fenomena Tiga Matahari Muncul di Langit Mongolia

Fenomena langka 3 sinar matahari muncul di langit Mongolia atau biasa disebut Parhelion yang mengejutkan dunia ilmu pengetahuan baru-baru ini. Parhelion terjadi saat matahari berada di titik cakrawala terendah dan sinarnya melewati kristal es di langit sehingga cahayanya dibiaskan oleh kristal tersebut. Kombinasi tersebut akhirnya menciptakan efek Halo dengan dua bola cahaya mirip matahari di kedua sisinya. Ini mengakibatkan matahari yang asli seolah-olah diapit oleh "dua" matahari lainnya.
Fenomena Tiga Matahari Muncul di Langit Mongolia
Fenomena ini tergolong langka, tapi sudah beberapa kali terjadi, di Mongolia muncul "tiga" matahari. Selain itu fenomena ini juga dikenal dengan Sun Dog, karena ada "dua" matahari mengikuti induknya, perilaku ini layaknya anjing yang terus mengikuti tuannya. Menurut Independent, para ilmuwan di pusat meteorologi lokal menjelaskan bahwa fenomena Parhelion juga bisa disebut Sun Dog karena "dua matahari" selalu mengikuti induknya, seperti seekor anjing yang selalu mengikuti tuannya.


Parhelion butuh kondisi spesifik. Suhu udara harus lebih rendah dari -30 derajat Celcius dan udara harus terisi uap air dan kristal es. Parhelion terjadi dengan syarat matahari berada di dekat batas dengan cakrawala melewati kristal salju di udara. Maka muncul Sun Dog di Mongolia. Karena sinar matahari dibiaskan oleh kristal es heksagonal dengan diamater lebih besar dari 30 mikrometer. Kemudian Sun Dog terlihat saat matahari berada di dekat cakrawala dan terletak pada bidang horisontal yang sama dengan pengamat dan kristal es. Akibat sinar matahari melewati kristal es, maka sinar dibengkokkan atau bias sebesar 22 derajat sebelum mencapai penglihatan pengamat.

Sumber : harusbaca.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
5 March 2015 at 07:41 delete

bener bener langka gan..

kunjungan baliknya ditunggu di http://anzharsoft.blogspot.com/

Reply
avatar
plk
5 March 2015 at 09:11 delete

yoi langka gan....
oke siap gan :)

Reply
avatar

#Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini
#Gunakan kata-kata yang baik,jelas,dan sopan
#Bila tidak punya account silahkan menggunakan Anonymous